Rss Feed
  1. SEMANGGI SUROBOYO

    Senin, 14 September 2015




    Ketika mendengar kata semanggi tidaklah asing di kuping masyarakat Surabaya. Makanan ini sangat khas di beberapa kota, salah satunya adalh kota pahlawan. Cukup sulit untuk sekarang ini menemukan makanan khas Surabaya ini hanya sekali atau dua kali saja kerap dijumpai. Mimin biasanya menjumpai penjual pecel semanggi ini di daerah Mulyosari karena memang rumah mimin daerah situ, pedagang ini sangat jarang sekali lewat, sekalipun lewat di depan rumah dagangannya sudah habis.
                Kembali lagi pada pecel semanggi. Semanggi sendiri yaitu sejenis tumbuhan paku yang banyak kita jumpai di persawahan. Banyak ahli gizi mengatakan bahwa tanaman berdaun empat dan bernama ilmiah “Marsilea crenata” ini mengandung zat yang penting untuk mencegah osteoporosis dan menopause.
                Semanggi ini umumnya dinikmati oleh para orang tua saja, ada para remaja atau anak-anak yang menikmati makanan ini namun hanya beberapa saja. Makanan ini paling enak dinikmati kala Surabaya diselimuti mendung.
                Sebenarnya Pecel semanggi ini sama dengan pecel biasanya yang membedakan adalah daun semangginya. Komposisi dari pecel ini yaitu daun ketela, daun semanggi, kecambah, krupuk puli dan bumbu dari gula jawa, terasi, serta cabai. Penyajiannya hampir sama ketika beli pecel madiun, yaitu dipincuk menggunakan daun pisang. Harag 1 pincuk pecel semanggi ini berkisar dari Rp. 6.000 hingga Rp. 10.000.
    Sebagian besar penjual makanan ini berasal dari Desa Kendung, Benowo, wilayah pinggiran Kota Surabaya yang berbatasan dengan Gresik. Desa Kendung, Kecamatan Benowo, Surabaya, dikenal sebagai kampung semanggi. Warganya membudidayakan tanaman semanggi di lahan-lahan serta sebagian besar berprofesi sebagai penjual semanggi dengan cara digendong. Mereka keliling dan keluar masuk kampung di Surabaya menjajakan semanggi secara berkelompok dan menyebar ke berbagai pelosok di Surabaya.
    Makanan ini khas Kota Surabaya dan tidak ditemui di tempat lain. Semanggi Surabaya bahkan biasa disebut dalam kisah-kisah (lakon) ludruk Suroboyoan. Bahkan ada sebuah lagu daerah Surabaya yang berjudul Semanggi Suroboyo. Bagaimana apakah anda berminat untuk mencoba makanan khas Surabaya ini? J



    Sumber foto : Google.com

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

Total Tayangan Halaman