Rss Feed
  1. SOP SAYUR LODEH BOGOWONTO

    Selasa, 08 September 2015



               Hai people’s kali ini kami bakalan bahas minuman unik hasil inovasi dari Bapak Giri. Nama minuman itu adalah Es Sayur Lodeh. Mendengar kata lodeh biasanya bayangan kita tertuju langsung pada sejenis masakan sayur berkuah santan yang berasa gurih dan sedikit pedas. Namun apa jadinya bila ada es lodeh? Bagaimana ya rasanya…?
               Es lodeh merupakan kreasi yang inovatif dari Bapak Giri. Bentuk dan sajiannya tak ubahnya es campur ataupun es oyen, yang membedakan hanya pada es sayur lodeh ini adalah kuahnya yang mirip sekali dengan sayur lodeh, bila dilihat sekilas buah-buahan yang ada pada Es Sayur Lodeh ini sama dengan sayur-sayuran yang ada pada sayur Lodeh.
         Minuman yang menyegarkan ini biasanya disajikan dalam mangkuk yang berisi full buah. Mungkin inilah jenis es yang cukup bergizi, karena terdapat berbagai jenis buah sebagai campuran isinya, antara lain: pepaya, nangka, apukat, garbis, degan, kolang kaling, buah naga, melon, durian, dan masih banyak lagi. Pelengkap isinya juga banyak, seperti: Agar-agar, Nutrijell, janggelan (cendol hitam),. Kesemuanya dijadikan satu lantas disiram dengan gula asli dan saus kuning seperti kuah lodeh. Tak lupa es batu yang sudah diremukkan, tentunya.

              Rasa manisnya berbeda dengan es budah pada umumnya, keaslian gulanya terlihat dari bayaknya tawon yang mendatangi gulanya. Pada umunya sih gula yang di pakai pada es buah hanya pakai gula putih tapi berbeda dnegan es sayur lodeh yang satu ini menggunakan gula merah dan gula putih, kebayangkan rasanya bagaimana?
                Rasanya manis segar. Biasanya di Kedai Es Lodeh Pak Giri, salah satu penjual es sayur lodeh khas Jombang yang ada di Bogowonto, depan SMA Hang Tua 4 ini dibandrol Rp 12.000 per porsi. Setiap pengunjung yang datang di kedai Pak Giri ini selalu ditanya oleh penjualnya, ”Mau pakai durian atau tidak?”
    “Ada Rasa Ada Harga’” itu adalah semboyan dari pak Giri. Banyak yang meniru Es Sayur Lodeh ini tapi rasanya tak kan seenak yang ada disini, disana harganya lebih murah memang daripada disini, tapi soal rasa disini tak tertandingi karena menggunakan bahan-bahan yang masih segar dan kualitas yang baik
               Tidak ada cabang lain di Surabaya ini selain disini, di Surabaya yang mengawali hanya saya sendiri, ujar pak Giri. Asal muasal es sayur lodeh sangat simpang siur people’s, ada yang mengatakan es lodeh ini berasal dari Jombang dan ada pula yang dari Solo tapi buatan Pak Giri ini berbeda dengan yang lain people’s yang bedain rasa sama kuahnya. Kalo di tempat lain warna kuahnya masih seperti es buah biasa. People’s harus dan wajib coba es sayur lodeh yang satu ini karena kalian bakalan ketagihan deh

  2. 1 komentar:

    1. Unknown mengatakan...

      Kayaknya enak

    Posting Komentar

Total Tayangan Halaman