Rss Feed


  1. Untuk warga Surabaya pasti sudah sering menjumpai tembok- tembok di pinggir jalan bertuliskan “Awas 9 November Surabya membara”. Mungkin masih ada yang bingung maksudnya apa, ternyata itu adalah untuk mengenang peristiwa 9 November 1945 saat tentara sekutu menyerang arek-arek Suroboyo. Maka dari itu Sejak 2012 di Surabaya rutin diadakan teater drama kolosal tentang perjuangan keras serta keberanian arek-arek Suroboyo tempo doeloe dalam melawan sekutu.
    “Kota Pahlawan” ialah sebutan bagi kota Surabaya karena itu di setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan. Jadi tak heran jika setiap bulan November di kota Surabaya pasti selalu ada event-event keren tentang perjuangan dan salah satunya adalah pementasan drama kolosal Surabaya Membara ini.
    Lebih dari 10 ribu warga Surabaya menyaksikan drama kolosal Surabaya Membara, Senin (9/11/2015) malam di Jalan Pahlawan, Surabaya.Belasan ribu warga tersebut tumplek blek memadati area Jalan Pahlawan, yang berada tepat di depan Kantor Gubernur Jatim dan samping kanan Tugu Pahlawan, yang dijadikan arena dan panggung pertunjukan.Karena banyaknya warga yang menonton, petugas beberapa kali mengingatkan agar tidak terlalu dekat.
    Drama kolosal Surabaya dimulai pukul 19.15 dan berlangsung selama sekitar satu jam. Pertunjukan akbar ini melibatkan sekitar 750 orang non-seniman. Ceritanya, menggambarkan peristiwa penurunan bendera Belanda di Hotel Yamato dan pertempuran heroik Arek-Arek Suroboyo dalam mengusir penjajah Belanda dan Sekutu yang ingin kembali menjajah Indonesia. Puncak pertempuran ditandai dengan terbunuhnya Panglima Perang Inggris, Jenderal Mallaby dan memaksa tentara sekutu menyerah.
    Selama pertunjukan berlangsung, akses jalan menuju Tugu Pahlawan ditutup dan dialihkan ke tempat lain. Aparat keamanan, baik dari polisi maupun tentara tampak melakukan penjagaan ketat. Itu dilakukan, karena Selasa (10/11/2015) besok, Tugu Pahlawan akan dipakai upacara peringatan Hari Pahlawan, yang dihadiri Presiden Jokowi sebagai Inspektur Upacara.

    Ketua Pelaksana Surabaya Membara 2015, Taufik Monyong, mengatakan drama kolosal Surabaya Membara ini merupakan pentunjukan yang khusus digelar untuk memperingati Hari Pahlawan, 10 November.





    bagi kalian yang diluar surabaya dan belum lihat betapa membaranya surabaya pada 9 november bisa lihat cuplikannya dibawah disini :



    sumber foto : google.com/surabayamembara2015
    sumber tulisan : tribunnews.com
    sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=a_FDFkfx5BQ

  2. 1 komentar:

    1. wawan setiawan mengatakan...

      tahun 2018 ini surabaya membara tidak berjalan dengan lancar. semoga tahun depan bisa lebih baik

      Salam persahabatan dari rentalmobildisurabaya.com, kami melayani rental mobil surabaya dan sewa mobil surabaya.

    Posting Komentar

Total Tayangan Halaman